Ahok: Saya Tantang Semua Calon Gubernur DKI Buktikan Sumber Harta Kekayaannya Dari Mana


TOP NewsGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menilai perlunya bakal calon gubernur yang bertanding pada pilkada diwajibkan untuk membuktikan bahwa harta mereka berasal dari sumber yang sah secara hukum.
"Gampang banget kok, semua yang jadi calon harus bisa buktikan hartanya dari mana. Pernah kerja apa dulu, hartanya dari siapa, biaya hidupmu berapa," ujar Ahok.
Jika calon tersebut memiliki banyak harta kekayaan yang tidak jelas sumbernya, kata Ahok, maka calon itu bisa langsung dilarang untuk ikut pilkada.
Sebab, menurut dia, calon yang tidak jelas asal usul hartanya tersebut rawan melakukan tindak pidana korupsi apabila terpilih sebagai kepala daerah.
Ahok pun menilai bahwa aturan mengenai kewajiban cuti kampanye bagi bakal calon gubernur petahana sedianya tidak dijadikan acuan untuk menyamakan kedudukan di lapangan pertandingan antara petahana dan penantangnya.
Kepala daerah yang korup, lanjut dia, justru akan senang jika harus cuti. Dengan demikian, kepala daerah itu bisa meninggalkan pekerjaannya, tetapi tetap menerima gaji.
"Makanya justru harusnya kalau mau bikin rata pertandingan, semua harus bisa buktikan hartanya dari mana. Itu baru rata," ujar dia.
Ahok mengatakan, substansi aturan cuti kampanye inilah yang tidak tepat. Ahok tengah mengajukan uji materi atas pasal pada UU Pilkada yang mengatur soal kewajiban cuti kampanye bagi petahana.(be/kompas)

Komentar

  1. Bener juga kata Ahok, jaman gue masih di jakarta dulu kalo mau jadi pejabat kampanye gede2an biayanya. Kalo dia malah ga mau keluar duit. Pendukungnya yg pengin dia maju lagi malah suka rela ngeluarin duit buat dukung dia.
    Contohnya di New York ini orang2 Indonesia yg pengin AHOK jadi gubernur lagi rame2 pada beli kaos buat kampanye disini.
    Kalo dulu di Indo malah di bagi2in plus duit bensin buat kampanye..he33x

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesabaraan pemuda batak sedang di uji ormas radikal, pemuda batak bersatu melawan perusak tatanan budaya batak.

Resmi!! Megawati Sudah Putuskan PDIP Dukung Ahok

Ketika Jokowi ‘Gila’ dan Ahok ‘Bajingan’, Skenario Singapura atas Indonesia Gagal