Sponsor

Saturday, June 11, 2016

3,3% Lagi Dukungan KTP Ahok-Heru Tembus Sejuta

3,3% Lagi Dukungan KTP Ahok-Heru Tembus Sejuta
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
TOP news – Penggalangan KTP untuk mendukung Ahok-Heru maju di Pilkada DKI 2017 hampir menembus angka sejuta. Pengumpulan KTP itu dilakukan relawan Teman Ahok sejak tiga bulan lalu.
Data yang dirilis Teman Ahok Sabtu (11/6/2016) menyebutkan hingga Jumat (10/6) telah terkumpul 966.115 KTP atau 96,7%. Dibutuhkan 33.885 KTP lagi atau 3,3% untuk mencapai angka sejuta. Teman Ahok menargetkan sejuta KTP akan teralisir pada bulan ini.
Perolehan KTP tersebut  melampaui persyaratan minimum dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan calon independen di Pilkada DKI 2017 didukung minimum 532.000 KTP. Meskipun demikian Teman Ahok tetap bekerja mengumpulkan sejuta KTP sesuai target awal. Alasannya apabila ada KTP yang diverifikasi KPUD DKI dan dianggap tak memenuhi syarat, masih ada stok.
Ahok tidak menjadi kader parpol apapun setelah mengundurkan diri dari Partai Gerindra tahun 2014. Ia memutuskan maju di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen. Ia memilih Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI, Heru Budi Hartono, sebagai wakilnya. Duet Ahok-Heru yang diusung Teman Ahok dideklarasikan pada Senin (7/3) lalu. Empat hari kemudian atau Jumat (11/3) Teman Ahok bergerilya mengumpulkan KTP.
Ahok mendapat dukungan dari Partai Golkar untuk maju di Pilkada DKI 2017. Dukungan itu disampaikan Ketua DPP Golkar Yorrys Raweyai  di Jakarta, Kamis (9/6/2016). “Kami sudah satu suara, sikap  Golkar akan mendukung Ahok untuk maju lagi di Pilgub DKI Jakarta,” katanya.
Golkar merupakan partai politik (parpol) ketiga yang mendukung Ahok. Sebelumnya yang mendukung Ahok adalah Partai Nasdem dan Partai Hanura. Total kursi yang dimiliki ketiga parpol itu di DPRD DKI adalah 24 kursi, dengan rincian  Golkar 9 kursi, Nasdem (5), dan Hanura (10).
Calon gubernur DKI yang ingin maju lewat jalur parpol minimal minimal didukung 22 kursi. Dengan demikian Ahok sebenarnya sudah bisa maju melalui jalur parpol.
Tetapi, Ahok mengatakan konsisten tetap maju lewat jalur independen atau non parpol. Mantan Bupati Belitung Timur ini tidak mau mengecewakan relawan Teman Ahok yang tengah bekerja keras mengumpulkan data KTP.(arh, @arif_rhakim)

No comments:

Post a Comment