Ini Kicauan Mematikan Akun @Kurawa Yang Bikin Tempo Panik Ketakutan Lantaran


pendiri Majalah Tempo, Goenawan Mohammad


ISLAMNKRI.COM- Met Pagi tweetland, gimana Masih pada mau nyimak sinetwit prahara bisnis grup media Tempu,Tempe,Tempi? 

Nunggu sampe 200 rituit twit gue sebelumnya baru dimulai yah sinetwitnya ..hayooo

Hadeehhhh cepet amat sih belum ada 30 menit sdh 200 rituit lebih.. Kalian JAHAT...!!! Sarapan gue belum kelar

Ok yah kita mulai selasa pagi ini dengan judul sinetwit "prahara Tempo" masihkah kau mencintaiku..

Sebelum gue mulai sinetwit ini gue akan kasih keterangan awal dulu mengapa tempo  gue bahas skr padahal dulu gue pernah muji media ini

Seperti pak ustad bilang keimanan seseorang itu fluktuatif .. tahun lalu baik tahun ini bisa berubah.. jadi yg kita bahas anomalinya

Saat gue putuskan hendak membuat sinetwit tempo ini gue butuh waktu 2 minggu utk meyakinkan diri tidak salah dalam menulis.. gue byk diskusi

Lo boleh bilang karena ahok disenggol sama tempo? Gue gak peduli sekali lagi yg gue lihat anomalinya dan cerita dibalik layarnya

Media Yang serang ahok kan banyak juga.. gak masalah, karena soal hate n love hanya soal rasa dan kepentingan aja..gue gak bahas mereka

Khusus buat tempo ini yg menurut gue sinetwitable.. pengumpulan data2 dan fakta dibalik penyerangan kepada ahok yg menurut gue keren

Konsekwensi gerombolan haters abadi yang akan membully juga sudah gue antisipasi setelah gue buat sinetwit ini  gak masalah

Cukup yah pembukaannya biar enak dibaca dan perlu .. beberapa gue kasih data validnya  di sinetwit ini jadi nanti kalian nilai sendiri

Berawal dari akhir tahun 2012 disaat mimpi2 petinggi tempo akan mewujudkan membangun bisnis media paling besar di indonesia

Peletakan batu pertama pembangunan gedung baru tempo di akhir tahun 2012 yg berlokasi di jalan palmerah barat 8, Jakbar adalah awal kisahnya

Aksi ekspansi korporasi bisnis tempo dimulai...sangat agresif krn mereka juga tengah merintis bisnis tempoTV yang butuh modal besar

Kantor dalam bentuk ruko  sebelumnya di kawasan kebayoran baru mereka jual, terinspirasi dari bisnis Lion kayaknya .. from Ruko awalnya

Ditahun 2013 Mulai lah mereka melakukan pinjaman uang secara besar2an kepada bank utk mebiayai gedung dan ekspansi bisnis secara bersamaan

Dimulai pinjaman kredit modal kerja (KMK), Kredit investasi pembelian alat2 hingga kredit Investasi pembangunan Gedung baru.. dilahap semua

Dari laporan keuangan Tempo yang gue pegang saat ini pinjaman dari bank Mand**i saja sdh sangat besar.. diluar dari kreditor lainnya

Gue rinci khusus pinjaman dari bank tsb yah :  fasilitas Kredit Modal Kerja plafond sebesar 26 miliar (mentok) jatuh tempo 29 november 2015

Ow iya lupa biar kalian bacanya gak bertanya2 lagi gue attach aja yah data2nya sekalian saat ngetwit, ini dokumennya


Ini keterangan hutang jangka pendek tempo yang sdh due date .. total ada 40 miliar .. hanya utk urusan modal kerja




Lalu ada hutang investasi mesin dalam beberapa paket pinjaman terlama due date 2021 senilai 70 miliar (dalam ribuan)



Dan ini yg fantastis 2 paket kredit pembangunan gedung baru tempo  senilai 94 miliar  jatuh tempo 2019 dan 2020



Total pinjaman bank 200 milyar lebih ini dikenakan bunga dikisaran 10 - 13 %/tahun yg sdh due date sdh harus bayar pokok pinjamannya pula

Gue sempat googling keluh kesah salah satu karyawannya disini ~>  Senja di Gedung Tempo (Baru) | Catatan Baskoro  >>>https://catatanbaskoro.wordpress.com/2015/05/15/senja-di-gedung-tempo-baru/

Dibulan mei 2015 karyawan tempo terpaksa harus pindah ke gedung baru yang belum jadi karena rukonya sdh terjual.. dananya tersendat

Kondisi keuangan yg tidak sehat ini membuat resah petinggi2 tempo, proyek2 ekspansif mereka mandeg + dengan kinerja perusahaan yang memble

Tahun 2015 performance keuangan dan operasional tempo hancur, laba bersihnya meluncur tajam 79,34% hanya tersisa 6,58 miliar >>>http://market.bisnis.com/read/20160330/192/532749/laba-bersih-tempo-inti-media-tmpo-anjlok-79


Kondisi inilah yang menyebabkan turun gunungnya "sang dewa" <~ nama ini diberikan oleh karyawan kepada sang GodMother ☺ lo singkat sendiri

Dari informan gue di internal tempo  didapat informasi mereka segera melakukan tindakan2 antisipasi lgs dibawah komando GodMother

Mereka sudah tidak mungkin lagi mengandalkan korporasi utk placement iklan.. karena kondisi ekonomi yang masih suram harus ada langkah cepat

Awal tahun 2016 sudah resah ditambah dengan keluar lagi laporan keuangan quarter 1 yang hasilnya makin parah..dan berdarah2

Laporan laba rugi per quarter 1.. membukukan kerugian 3,86 miliar .. walau lbh baik dari quarter 1 tahun 2015

Ini yang paling menggenaskan arus kas mereka banyak tergerus di quarter 1..hanya tersisa 5.4 M dari 14.5 M awal thn



Dari data yang ada tempo membayar biaya pegawai sebulan hampir 1 miliar kalo dipotong THR nafasnya tinggal 4 bulan sejak bulan april

Contigency plan harus dilakukan..dari sumber gue di internal tempo awal tahun mereka hendak melepas saham media onlinenya sebanyak 25%

Saat ini masih dilakukan proses due diligence penjualan saham tempodotco mereka tawarkan nilai yg fantastis valuisasinya 500 miliar

Namun dari informan yang gue terima proses penjualan saham 25% ini terancam gagal.. valuisasi yang tinggi kebangetan ini yg gak masuk akal

Walau sdh ada tawar2an mereka masih tetap taro harga tinggi.. sejak akhir bulan april ditenggarai penjualan saham berpotensi gagal

Makin panik?? Pastilah ... kalo sampai divestasi ini gagal maka tinggal rencana terakhir yang akan mereka pakai.. apa itu ? Pilkada

Nah disinilah cerita paling serunya bagaimana modus permainan mereka agar keluar dari masalah keuangan yg membelit.. nanti kita bersambung

Gue mau kerja dulu.. kalo dilanjutin sinetwitnya bisa sampe maghrib..😀 jgn ada yang marah yah.. asyik2 aja lah ini kan masih soal baca data

Im coming... maap yah telat banget sinetwitnya... boleh minta waktu 15 menit lagi utk makan malam gak?

Selesai..  hari ini gue agak telat lanjutin sinetwit #JatuhTEMPO karena masih memantau riuh rendahnya reaksi yg pro dan haters

Terus terang aja neh ada beberapa pihak yang sdh hubungi gue utk berhenti lanjutkan sinetwit #JatuhTEMPO dgn berbagai alasan ..

Gue cukup terbuka kok dengan input teman2 maupun penghubung dari godmother semua sama menggunakan alasan ini hanya soal jurnalisme semata

Anehnya input yang mereka berikan tidak berbanding lurus dengan kelakuan #JatuhTEMPO medianya malah makin kalap memfitnah dgn berita busuk

Mereka bilang sudahlah bro lo kagak mungkin menang lawan mereka.. TW aja dibuat gak berkutik  nanti ada cerita sendirinya lagi neh

Jadi konsekwensi kalah pun akan gue terima .. gak masalah yang terpenting bagi gue berani ungkapin modus si malaikat palsu ini

Perang terbuka sudah mereka tabuhkan, anehnya sampai skr yg mereka counter gak ada hubungannya dengan apa yg gue twitkan kmrn

Kagak ada yang berani ngaku kalo #JatuhTEMPO sudah berdarah2 keuangannya ..mau membantah lap keuangannya sendiri?

Sekelas Redpelnya membalas dgn nyinyiran Buzzer.. pake fitnah lama pula dgn gunakan kata singapura..Hancur otaknya



Utk hal ini gue masih maklumin lah.. orang lagi susah keuangan emang bisa kalap.. tapi kalo memfitnah sekelas wartawan sih malu2in

Jadi sekali lagi mohon maaf buat temen2 ataupun yg belum temen tapi sepaham kalian gak suka gue di #JatuhTEMPO ntar lebaran kita maaf2an

Balik ke cerita sinetwitnya yah.. mengapa akhirnya GodMother harus turun tangan langsung selamatkan perahunya lewat politik pilkada

Sinetwit gue ini akan membuktikan juga pendapat orang2 yg katakan GodMother sdh gak incharge lagi di medianya  ketepu lo

Skenario GodMother cukup matang.. sebagai contigency plan.. pilkada DKI ini adalah uang besar (iklan dll) terinspirasi pilkada DKI 2012..

Tahun 2012 pilkada DKI yg diikuti banyak kontestan terutama incumbent belanja iklan menggiurkan makanya ditahun ini mereka bikin gedung baru

Merapat lah ke incumbent karena disanalah uang besar berputar kata dia .. tapi jangan diabaikan lawan2 dia juga yg punya dana besar

Langkah pertama naikkan incumbent setinggi2nya... buzz di media2 yang kita miliki ..  mau buktinya ?

Dalam waktu yg berdekatan di akhir bulan februari - april 2016 #JatuhTEMPO turunkan berita positif dgn cover ahok





Kalo salah tolong koreksi kayanya baru kali ini #JatuhTEMPO sejak berdiri menurunkan cover yg sama di 3 edisinya di waktu berdekatan

Selain menurunkan 3 edisi special ini sang Godmother pun turun tangan.. dia membentuk komunitas  TemanAhok Salihara..

GodMother mendeklarasikan diri sebagai pendukung utama incumbent dia dekati juga pengurus teman ahok,seolah2 dia malaikat yg akan bantu kita

Komunitas TemanAhok Salihara ini diambil dari relawan2 pilkada pilpres 2012/2014, ada perwakilan Teman Ahok hingga keluarga cawagub

Dalam setiap kejadian2 yg melibatkan incumbent GodMother sangat aktif memberikan rekomendasi di komunitas ini.. i am an angel

Dan ujungnya selalu berkata tolong input saya tadi disampaikan ke bapak gubernur yah .. biasa caper...

GodMother ini juga beberapa kali katakan dikomunitas ini akan mengadakan riset,dokumentasi ke rusun2 dan tempat yg sdh dibangun incumbent

Tapi lucunya setiap dia katakan program2 ini ujungnya selalu mengeluh ahh TIDAK ADA YANG MEMBIAYAI.. wooy sampein dong (dalam hatinya )

Diakhir2 ini dia nekat menggunakan jasa konsultan  utk mengajukan quotation hanya utk riset yg gak penting ini.. sayang gak ada yg bantu

Mulai kesaallllll..... 😀😀 incumbent ngehek.. kagak ada atensi nya buat dropping logistik kek ..

Strategi merapat ke incumbent nampaknya gagal.. gue baikkin dia gak mau keluar duit katanya  harus mulai cara lain ...

Kita balik lagi ke tahun 2012 disaat pilkada DKI mulai panas saat itu.. siapakah bintangnya? Yupp akun triomacan2000 yg sensasional wkt itu
Reply RT Like

#JatuhTEMPO media pertama yg ketemu doi~> Siapa Pemilik Akun Twitter Triomacan2000? >>>https://m.tempo.co/read/news/2012/05/23/078405636/siapa-pemilik-akun-twitter-triomacan2000

Raden Nuh pemilik akun eng ing eng ini ikut mengilhami modus #JatuhTEMPO puji dulu jokowi ahok .. gak bayar pindah ke lawan politiknya

Kebetulan bulannya sama yah Mei caper ke incumbent bulan mei dirasa cukup .. gak ada reaksi banting stir mainkan God Cop Bad Guy

Proposal dan quotation sdh dicueki merasa dirinya kurang dihargai maka dia gunakan satu medianya utk colek incumbent agar mau pakai dia

Jreng.. tanggal 11 mei 2016 tanpa ada ba bi bu dikorbankan lah korannya utk menarik perhatian sang incumbent





Mengapa koran yang dikorbankan diawal? Karena divisi inilah yg paling rugi.. oplahnya ancur2an.. kalo online kan lagi di due diligent

Lanjut gak neh.... sdh mau diusir pemilik cafenya

3 hari liputan koran #JatuhTEMPO ini di gas pol isinya sama penggunaan kata barter dengan berlindung alasan keamanan sumber kami di KPK

Dan anehnya penulis berita di koran ini ada 4 orang wartawannya dimana 2 orang adalah wartawan majalah..  ketahuan komplotannya

Dari hasil wawancara gue dengan internal staf  gubernur gue dapati sebelum bom 11 mei ini mereka begitu welcome dgn wartawan #JatuhTEMPO

Setiap wartawan #JatuhTEMPO hendak wawancara,konfirmasi ataupun meminta data mereka siap 24 jam utk membantu..

Tidak ada cover bothside, konfirmasi atau apapun juga dalam pemberitaan koran tgl 11-13 mei ini.. staf gubernur merasa ditusuk dari belakang

Pada saat hari keempat barulah pihak koran #jatuhTempo menghubungi staf gubernur dgn entengnya berkata : buat aja tanggapan di surat pembaca

Kesal dan marah meliputi ruangan kegubernuran atas sikap #jatuhTempo ini mereka melanggar aturan cover both side padahal akses mereka ada

Moment inilah yang ditunggu2 oleh GodMother .. sebagai good cop muncul dimedan konflik dgn tawarkan bantuan tenangkan bad cop


Jurusnya tetap sama dia bilang kesemua orang kalo godmother sdh gak incharge di media2nya lagi ( komut bowww) nanti saya akan bantu

Gue sdh ketemu dengan saksi mata saat ada perush forestry nasional yg  placement advetorial khusus #JatuhTEMPO ini blg "Godmother" punya

Di saat ini GodMother pun "sibuk sekali" dia mencoba menghubungi staf gubernur dan melakukan komunikasi intensif.. bahwa dia bisa bantu

GodMother berfikir pasti gubernur akan minta tolong dia utk mediasi .. ternyata salahhhh .. no peace  karna DAMAI berarti Uang

Strategi ini meleset .. gubernur menyatakan #JatuhTEMPO harus minta maaf terlebih dahulu baru dimusyawarahkan.. GodMother gak mau

Karena pertempuran melebar GodMother bergerilya di grup2 komunikasi yg dia punya.. dia berkata mana mungkin kami minta duit (diketawain)

Sebagai "Good Cop" dia sangat aktif mendeklarasikan diri sebagai pendukung Gub nomor 1 gak mau sampai gub jd TSK di KPK

Saat gubernur mengatakan akan menuntut #JatuhTEMPO ke dewan pers atas kesalahan ini sang GodMother sibuk kembali .. dia buat kopdar

Dari hasil sumber gue di kopdar itu terungkap kalo Godmother membawa2 kasus TW yang katanya tanpa bukti satupun gue gak bisa dikalahkan

GodMother terus berusaha menghubungi gubernur utk batalkan niat membawa kasus ini ke Dewan Pers, dia mengancam Gub pasti Kalah 

"Kasih tau Gub.. jika tetap ngotot masuk ke dewan pers hanya akan memalukan anda sendiri" buset dia sdh tau duluan hasilnya

Sudah jam 22.00 malam besok kita lanjutin lagi yah..  suwer cafenya mau tutup jadi gak enak neh

Yang nanya semua bukti2 twit gue pasti ada dong tapi demi menjaga kerahasiaan sumber dan kode etik #sinetwit yah gue simpan

Masih mau simak sinetwit #JatuhTEMPO gue lagi gak?  mana rituitannya l?? Yang banyak yah...

Kalian jahat!! setiap aku ngetwit #JatuhTEMPO banyak serangan2 ke aku .. sakitt tauuwww.. kalian mau dukung aku kan kalo aku disakiti?

becanda.. gue sudah hitung semua resikonya makanya serangan2 yang ada moga2 bisa diantisipasi krn lindungan Tuhan .. *iniemangBerat

Efeknya emang mayan merusak sih mereka minggu depan mau public expose lagi. Eh sahamnya turun di bawah angka psikologis 100.. tp gimana?

Mulai yah...  bismillah (biar mirip kaya uni @fahiraidris )

GodMother melarang gubernur utk mengadukan kasus ini ke Dewan Pers.. dia bilang kita selesaikan "baik baik" lah... saya yang akan bantu

Permintaan terakhir GodMother kepada gubernur agar menerima wartawan majalahnya utk wawancara khusus sbg upaya dia "mendamaikan"

Bukti ini adalah bukti keras kalo opini yg dibentuk dia gak ikut campur tangan di medianya lagi adalah 1000% bullshit.. dia sutradaranya

Pihak Gubernur bersikeras dengan sikapnya tidak akan menerima wawancara khusus dengan #JatuhTEMPO sebelum mereka minta maaf atas kesalahan

GodMother sudah mewanti2 kalo serangan kali ini jauh lebih berat karena sdh melibatkan media unggulannya : Majalah dan Online #JatuhTEMPO

Negosiasi deadlock .. pihak gubernur gak peduli.. sementara GodMother pusing.. dia gak bisa menjalankan fungsi Good Cop didpn gubernur

Dia balik lagi ke komunitas2 komunikasi yang dia  punya dan berkoar2 kpd membernya kalo dia hanya ingin melindungi gubernur saja

Modus Good Cop terancam gagal total.. maka utk skenario lanjutannya harus buat berita seburuk mungkin agar bisa mancing musuh gub kelak

Cara ini kan sdh dipake mahfud MD waktu pilpres kmrn  gagal jadi cawapres jokowi lalu pindah jadi ketua timses lawannya

Target awalnya kan dengan jadi Good Cop maka potensi jadi ketua Timses Gub akan besar.. soalnya sampai skr tim ini belum dibentuk loh

Jika masuk dalam susunan inti timses gubernur peluang besar ketemu dengan donatur2 akan terbuka.. aplg kalo bukan placement iklan

Yah tapi semua ini gagal.. maka dengan terpaksa "rudal excoset" diluncurkan mereka lewat media unggulan majalahnya  isinya copas dari koran

Sebelum itu ada info kalo pemred majalahnya juga pernah usaha minta diketemuin sama pengusaha "Ag" itu loh yg lg bermasalah di kasus OTT

Alhamdulillah.. permintaan ini ditolak mentah.. aneh juga minta di jembatani.. hmm.. gak suu'dzoon sih tapi .. yah sudahlah..

Keluarlah senjata edisi mereka ini.. di majalah sebagai alusista  isinya hampir sama di 3 hari koran



Mereka hanya gunakan 2 wawancara doorstop kpd gubernur yg menurut mereka cover bothside  dengan embel2 gub marah2 dgn wartawan kami

Dan seperti biasa tulisannya sama seolah2 mendapat BUKTI dari PENYIDIK KPK langsung .. ditempatkan di alinea pertama



#JatuhTEMPO sudah terlalu sering menggunakan sumber kami di KPK.. dia gunakan ini seolah2 dia punya "orang dalam" di KPK (buat bluffing)

Padahal dalam UU KIP disebutkan siapapun yang membocorkan hasil BAP  akan dikenakan tuntutan hukum 2 tahun penjara

Utk kasus ini KPK sdh membuat penyataan bahwa penyidiknya tidak pernah membocorkan BAP.. tapi #JatuhTEMPO tetap mengklaimnya

Dalam setiap kesempatan diskusi di grup2 #JatuhTEMPO ini jika ditanya mana buktinya? Jawabnya tetap ngeyel demi keamanan sumber kami

Dari puluhan kasus berita bohong yang dimuat #JatuhTEMPO gue kasih contoh 1 kasus memalukan saat #JatuhTEMPO memfitnah dgn sumber hoax

#JatuhTempo fitnah Philip moris jualan ganja, gak pake maap2 an tuh>>>https://beritagar.id/artikel/berita/asal-muasal-kabar-bohong-marlboro-jual-ganja

Sekelas #JatuhTEMPO copas data hoax pun sering terjadi sama seperti berita tentang gue tadi malam itu . gimana kagak bangkrut nih perush

Kata BARTER terus dikumandangkan oleh #JatuhTEMPO mereka gak peduli dinasehati orang lain ow iya ini Proyek yah


Perang sudah kepalang basah terjadi,media #JatuhTEMPO sdh kalap.. serangan dilakukan dari semua lini media mereka .. medsos pun mrk aktif

Coba cek aja dotco dan newsroomnya sebuah anomali mereka sering posting pemberitaan majalah ini secara masive

Ngeheknya selagi semua medianya melakukan serangan bertubi2 sang GodMother masih "berkhotbah" ke member2nya kalo dia tetap sang mesiah

GodMother bertitah mari kita lakukan kampanye2 yang positif tentang gubernur.. 😆😆  jangan dengarkan kurawa.. #uppss maap

Gue cuma bisa gemes sama yg masih percaya dengan titahnya.... mana ada orang  nasehati orang lain utk baik sementara "anak2nya" jd penjahat

GodMother masih gerilya mencoba memasuki temanahok sambil nanya2 halus dapat dana dari pengembang lo yah?  kali aja ada yg terpeleset

Perang masih berlanjut hingga sekarang pembalasan2 berikutnya akan lebih kejam karena networkingnya sbg sang mesiah cukup banyak...

Cerita2 seru akan terus ada di beberapa waktu mendatang.... gak masalah kita kehilangan kelompok2 ini.. yg fans dgn godmother blh jd haters

Perang atau damai kembali ada di tangan mereka.. kita sama sama bela orang baik di negeri ini.. sekarang gue lagi dihubungi mereka neh

Gue habis dihubungi via telpon oleh mereka.. kita lihat hasil beritanya .. kalo gak sesuai dengan yang gue omongin sorry gak gue terima lg

Rajin Soroti Tempo, siapa pemilik akun kurawa? . duhh judulnya bikin males banget.. maap yah mbak saya males wawancara lagi

Rajin Pangkal Wawancara.... Gak Rajin Gak Wawancara... aya2 wae...

Selamat pagi Indonesia  kalian lihat kan ketika semua musuh2 gue bersatu . gue sudah mitigasi resiko ini.. spt biasa keep Cool

Yang gue bela Ahok.. anehnya mereka yg "katanya" bela ahok pun bersatu dengan haters ahok ... ketahuan kan belatung nya sekarang

Cuma lewat medsos dengan satu akun gue aja bisa mempersatukan belatung2 ini .. kalo soal fitnah usang dan baru sdh teruji lah dari 2012

Gue sdh dapat nama2 teman gue yang baik didepan tapi tusuk dari belakang  gpp ini proses dari screening persahabatan bagai kepompong

Efek #JatuhTEMPO ini memang luar biasa merusak,  serangan balik pasti dilakukan.. tenang kan gue msh punya folowers "gila"  iyaa kalian..

Ketahuan banget kan #JatuhTEMPO sampai sekarang gak bisa menjawab semua sinetwit gue mulai dari lap keuangan sampai modus godmother...

Yah mau gimana kalo mereka bahas itu bisa malu sama bukti2 yang gue pegang... .. serangan balik lewat "Kill The Messenger"

Ini sudah disampaikan diawal2 oleh hulu balangnya .... kill the messenger



Dalam satu wawancara kemaren dgn #JatuhTEMPO  ditanya mengapa anda tidak berani lewat media mainstream utk nulis? Kenapa lewat media sosial?

Jawaban gue : Dewan Pers aja kalian berani ancam  dgn pastikan kalah... hanya lewat twitter .. yg punya Dewan Twitter nya akan lbh Fair

Jawab aja lewat twitter juga.. karena twitter sangat terbuka tidak ada nego aplagi kalo soal placement iklan pemda or BUMN komisi 5%

Yang lo kirim cuma sekelas redaktur pelaksana.. isi twitnya cuma tuduhan buzzer buzzer .. kasihan biasa ngambil fee jd sama ratakan org lain

Ingat yah orang2 yang lo tuduh buzzer bayaran itu gak akan diam juga... punya redpel sakit gitu justru akan menambah musuh baru

Penutup twit pagi ini : "Anda Salah Pilih Lawan" ini perang dengan Volunteer .. makanya jgn kebanyakan main dgn pemda dan BUMN trus

Komentar

  1. There is nothing free nowadays, but assure that you Buy facebook reviews only from the reliable sources for good recognition on-line. buy facebook 5 star reviews

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesabaraan pemuda batak sedang di uji ormas radikal, pemuda batak bersatu melawan perusak tatanan budaya batak.

Resmi!! Megawati Sudah Putuskan PDIP Dukung Ahok

Ketika Jokowi ‘Gila’ dan Ahok ‘Bajingan’, Skenario Singapura atas Indonesia Gagal